PENGARUH PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION TERHADAP KEKUATAN DAN FLEKSIBILITAS OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN SEPAKBOLA DI SSB MAGUWOHARJO PUTRA (MATRA) MAGUWOHARJO SLEMAN

Bagus Kanang, Ibrahim (2017) PENGARUH PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION TERHADAP KEKUATAN DAN FLEKSIBILITAS OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN SEPAKBOLA DI SSB MAGUWOHARJO PUTRA (MATRA) MAGUWOHARJO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Bagus Kanang Ibrahim_13603144003_IKOR FIK UNY_SKRIPSI.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh proprioceptive neuromuscular facilitation terhadap kekuatan dan fleksibilitas otot tungkai pada pemain sepakbola di SSB Maguwoharjo Putra (Matra) Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan budaya stretching sebelum dan sesudah latihan untuk mengoptimalkan kualitas fisik dan meminimalisasi terjadinya cedera dan kelelahan setelah berlatih atau bertanding. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik tes untuk pengambilan datanya. Penulis menggunakan quasi experimental jenis nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah pemain sepakbola di SSB Maguwoharjo Putra (Matra) usia 15-17 tahun sebanyak 18 pemain terbagi menjadi dua yaitu 9 kelompok kontrol dan 9 kelompok eksperimen. Instrumen terbagi menjadi dua yaitu instrumen eksperimen perlakuan proprioceptive neuromuscular facilitation (pnf) dan instrumen tes terdiri dari tes kekuatan serta tes fleksibilitas otot tungkai. Untuk menganalisis data hipotesis pertama mengunakan Uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pre test dengan post test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ”Ada pengaruh proprioceptive neuromuscular facilitation terhadap kekuatan dan fleksibilitas otot tungkai pemain sepakbola di SSB Maguwoharjo Putra (Matra) Maguwoharjo Sleman”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pnf, kekuatan otot tungkai, fleksibilitas otot tungkai, sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:35
Last Modified: 11 Apr 2017 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48511

Actions (login required)

View Item View Item