PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016)

DWINITA RATNA PUTRI, DWINITA RATNA PUTRI (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWINITA RATNA P_13111244016_PG PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam lingkungan kelas secara nyata. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang professional. Dimana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan dituntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk TK ABA Demakan masih menggunakan kurikulum 2010. Dan pada saat kita Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di TK ABA Demakan kami mahasiswa PPL UNY 2016 menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi : pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Kegiatan PPL dilaksanakan 5 kali terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, 4 kali mendampingi dan 4 kali piket. TK ABA Demakan belum memiliki kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Media maupun alat peraga dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Dengan segala kegiatan yang telah kami laksanakan, tidak hanya mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah tetapi juga mendapatkan ilmu baru dari guru kelas yang mendampingi langsung selama mahasiswa PPL mengajar. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidik, Anak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Apr 2017 01:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48510

Actions (login required)

View Item View Item