PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Maranthika, Setyantoko (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang menarik yang ada untuk pembelajaran PJOK khususnya atletik dan kesulitan beberapa siswa dalam memahami gerak dasar atletik yang diajarkan di sekolah karena kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran PJOK khususnya atletik ketika di kelas atau pembelajaran teori. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aplikasi Athletic Smart Apps dengan materi atletik khususnya lari cepat, jalan cepat dan lompat jauh berbasis Android untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Playen. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Terciptanya Produk Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Atletik untuk Siswa SMP Kelas VII; (2) Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi materi, segi media maupun faktor usability dengan kategori “sangat layak” pada masing-masing tahap pengujian. Hasil pengujian validasi ahli: (1) Nilai Validasi Ahli Materi sebesar 4,25 berada pada rentang > 4,0 sehingga masuk kategori “sangat layak”; (2) Nilai Validasi Ahli Media sebesar 4,70 berada pada rentang >4,0 sehingga masuk kategori “sangat layak”. Hasil uji kelayakan faktor usability sebesar 6,24 berada pada rentang >5,5 sehingga masuk pada kategori “sangat layak”. Dengan demikian media pembelajaran Atletik dengan aplikasi Athletic Smart Apps berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran PJOK cabang olahraga atletik khususnya siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Athletic Smart Apps, Android, Media Pembelajaran, ADDIE
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48509

Actions (login required)

View Item View Item