Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Kontekstual Budaya Lombok Berorientasikan Prestasi Belajar Matematika dan Apresiasi Nilai Budaya Bangsa

Afandi, Juz'an (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Kontekstual Budaya Lombok Berorientasikan Prestasi Belajar Matematika dan Apresiasi Nilai Budaya Bangsa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-juzan-afandi-14709251069.swf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan pendekatan kontekstual budaya Lombok berorientasikan prestasi belajar matematika dan apresiasi nilai budaya bangsa, dan (2) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual budaya Lombok berorientasikan prestasi belajar matematika dan apresiasi nilai budaya bangsa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini 34 siswa kelas VII SMP Darul Hikmah Mataram. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi, dan angket apresiasi nilai budaya bangsa. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru, penilaian siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran masing-masing minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar matematika minimal mencapai 80%, total skor angket apresiasi nilai budaya bangsa akhir lebih dari skor angket apresiasi nilai budaya bangsa awal, dan minimal 80% persentase siswa yang mencapai ketegori “tinggi” dan “sangat tinggi”. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan pendekatan kontekstual budaya Lombok berorientasikan prestasi belajar matematika dan apresiasi nilai budaya bangsa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan dengan hasil penilaian RPP dan LKS berada pada kategori “baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis ditunjukkan dengan hasil penilaian guru, penilaian siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori “baik”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan prestasi belajar matematika dan apresiasi nilai budaya bangsa. Persentase siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar matematika adalah 88,24%. Total skor angket apresiasi nilai budaya bangsa akhir lebih dari total skor angket apresiasi nilai budaya bangsa awal dan persentase siswa yang mencapai ketegori “tinggi” dan “sangat tinggi” adalah 82,35%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 05 Apr 2017 06:36
Last Modified: 05 Apr 2017 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48498

Actions (login required)

View Item View Item