Wulansari, Fenti (2017) Keefektifan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP kelas VIII. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-fenti-wulansari-14709251001.swf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran problem-based learning dan discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu siswa dan (2) mendeskripsikan keefektifan yang lebih baik di antara kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta dan sampel diambil dua kelas secara acak dari 10 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes prestasi, soal tes kemampuan komunikasi matematika, dan angket rasa ingin tahu. Pembelajaran dikatakan efektif apabila: (a) rata-rata skor prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika minimal adalah 75; dan (b) rata-rata skor rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika pada skor akhir lebih baik dari skor awal dan berada pada kategori sedang. Teknik analisis data untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem-based learning dan discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari variabel terikat adalah uji one sample t-test. Untuk mengetahui perdedaan keefektifan model pembelajaran diujidengan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem-based learning dan discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar efektif ditinjau dari ketiga variabel terikat, dan (2)tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaranProblem-Based Learning dan Discovery Learning pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari ketiga variabel terikat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, discovery learning, matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 03:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |