Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Self-Regulation, dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 2 Bantul

Indrati, Dika Agustia (2017) Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Self-Regulation, dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 2 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dika-agustia-indrati-15725251015.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) kemampuan self-regulation, (3) penguasaan konsep siswa, (4) hubungan kemampuan berpikir kritis dan self- regulation, (5) kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa, dan (6) kemampuan self-regulation dan penguasaan konsep siswa pada materi archaebacteria dan eubacteria. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bantul yang terbagi menjadi 7 kelas. Kelas kontrol adalah kelas X MIPA 2 yang terdiri dari 32 siswa dan kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 4 yang terdiri dari 31 siswa. Kedua kelas ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model PBL, instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa, dan angket kemampuan self-regulation. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-T, MANOVA, dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan self-regulation siswa, (3) terdapat pengaruh PBL terhadap penguasaan konsep siswa, (4) terdapat hubungan signifikan dan positif antara kemampuan berpikir kritis dan self-regulation siswa, (5) terdapat hubungan signifikan dan positif antara kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa, dan (6) terdapat hubungan signifikan dan positif antara kemampuan self- regulation dan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-based learning, kemampuan berpikir kritis, kemampuan self- regulation, penguasaan konsep siswa, archaebacteria dan eubacteria
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:05
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48488

Actions (login required)

View Item View Item