Pengembangan Mobile Learning untuk Mendukung Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi SMA

Rahmawati, Erni Mardliyani (2017) Pengembangan Mobile Learning untuk Mendukung Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-mardliyani-rahmawati-14707251037.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan m-learning yang dapat digunakan pada pembelajaran mata pelajaran geografi bagi peserta didik kelas X SMA, (2) menghasilkan m-learning yang layak untuk mata pelajaran geografi, (3) mengetahui keefektifan m-learning untuk mata pelajaran geografi., dan (4) mengetahui pengaruh m-learning mata pelajaran geografi dalam mendukung kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu langkah yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan on going evaluation hingga menghasilkan produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan uji alpha dengan cara validasi media oleh 3 ahli materi dan 2 ahli media. Tahap berikutnya yaitu uji beta yang dilakukan terhadap 6 peserta didik. Setelah dilakukan uji beta, maka langkah berikutnya adalah memberikan tes sumatif terhadap 19 peserta didik kelas X-IS 3 SMAN 3 Surakarta. Keseluruhan data Validasi dikonversi ke dalam skala lima. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) m-learning dibuat dengan menggunakan adobe flash cs 5.5. m-learning dikembangkan untuk pokok bahasan Hidrosfer. (2) m-learning mata pelajaran geografi telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi dengan kategori “baik”. (3) Keefektifan pembelajaran geografi lebih baik dengan menggunakan m-learning dibuktikan dengan adanya ketuntasan belajar pada kelas eksperimen. (4) Berdasar pada perhitungan uji t, data kemandirian menghasilkan t hitung sebesar 4,772 dengan p=0.000, sedangkan data hasil belajar menghasilkan t hitung sebesar 3.881 dengan p=0.000. Hal ini menunjukkan bahwa m-learning mata pelajaran geografi mendukung kemandirian dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mobile learning, geografi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48486

Actions (login required)

View Item View Item