Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Atletik Nomor Lompat Jauh Melalui Permainan Tradisioal untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Afrizal, Joeni (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Atletik Nomor Lompat Jauh Melalui Permainan Tradisioal untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-joeni-afrizal-14711251048.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan gerak dasar atletik nomor lompat jauh melalui permainan tradisional untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Pengembangan model pembelajaran ini diharapkan bisa membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran pengenalan gerak dasar atletik nomor lompat jauh. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan model Borg & Gall (1983: 775). Yang dimodifikasi, meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) menganalisis hasil informasi, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba produk atau uji kelayakan, (6) validasi ahli, (7) uji efektifitas, (8) produk akhir. Dalam uji coba produk untuk skala kecil, penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar yang ada di Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan untuk uji coba skala besar dilaksanakan di lima Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa sekolah dasar kelas atas. Teknik pengumpulan data dilaksankan melalui (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Instrumen penilaian ini mempunyai nilai validitas isi sebesar 0,84 dan nilai reliabilitas sebesar 0,60. Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku pedoman dan CD pembelajaran gerak dasar atletik nomor lompat jauh melalui permainan tradisional untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Hasil dari penilaian draf awal melalui validasi isi (content validity) materi dan media terhadap pengembangan model yang dikembangkan adalah 92% materi, dan 90% media dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan penilaian para ahli dengan skala nilai, terlihat bahwa draf itu telah memenuhi kelayakan sebagai persyaratan uji coba. Pada uji coba skala kecil dan besar, pelaksanaan pengembangan model ini juga termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini didasari pada penilaian guru terhadap model pembelajaran yang dikembangkan. Hasil analisis untuk uji efektifitas pengembangan model pembelajaran ini menunjukkan nilai thitung sebesar 2,11 lebih besar dari ttabel sebesar 1,699. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam pengenalan gerak dasar atletik nomor lompat jauh pada pembelajaran penjaskes dan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, lompat jauh
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:41
Last Modified: 05 Apr 2017 01:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48484

Actions (login required)

View Item View Item