Pengembangan e-Tahsin sebagai e-Learning pada Program Learning Qur’an for All (LQA) Rumah TahfidzQu Yogyakarta

Rifa'i, Achmad Ilfan (2017) Pengembangan e-Tahsin sebagai e-Learning pada Program Learning Qur’an for All (LQA) Rumah TahfidzQu Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-achmad-iIlfan-rifai-14707251024.swf

Download (113MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-Tahsin sebagai media pembelajaran pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta; (2) mendeskripsikan kualitas kelayakan e-Tahsin yang dikembangkan sebagai media pembelajaran; dan (3) mengetahui efektivitas pembelajaran pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta menggunakan e-Tahsin. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk e-Tahsin dilakukan dengan menggunakan aplikasi Moodle. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang diadaptasikan dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Pada semua tahap tersebut dilakukan ongoing evaluation sampai menjadi produk awal. Setelah menjadi produk awal, dilakukan uji alfa oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan uji beta oleh tiga santri yang mewakili kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu dilanjutkan dengan penggunaan produk pada proses pembelajaran dengan santri yang berjumlah sebelas orang. Penelitian ini memberikan tiga hasil. Pertama, produk e-Tahsin pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta dihasilkan sesuai dengan model pengembangan Alessi dan Trollip melalui tahap perencanaan, perancangan dan pengembangan. Kedua, produk e-Tahsin pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta masuk kategori moderate ditinjau dari materi, media dan tanggapan santri. Ketiga, produk e-Tahsin pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta dinilai efektif karena dapat meningkatkan kompetensi santri dan menumbuhkan minat santri. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai pretest dengan rata-rata 8,18 dan nilai posttest dengan rata-rata 9,03. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Tahsin yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran pada Program LQA Rumah TahfidzQu Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-tahsin, e-learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48482

Actions (login required)

View Item View Item