LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Wisnu Aditya Anggara Yudha, Wisnu Aditya Anggara Yudha (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wisnu_Aditya_Anggara_Y(13501241025).pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu lembaga Perguruan Tinggi Negeri yang bertujuan mendidik (menyiapkan) tenaga pendidik yang berkualitas dan professional. Salah satu usaha nyata dalam menyiapkan tenaga pendidik yang professional yaitu dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan dan mempunyai syarat wajib tempuh minimal 128 jam dengan cara memberikan pelatihan dan pengalaman mengajar secara langsung di lapangan, khususnya di lembaga pendidikan sehingga mahasiswa calon guru dapat mempunyai bekal dalam mengajar dan terlatih dalam mengidentifikasi permasalahan di lapangan serta belajar bagaimana cara mengatasinya. PPL sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidik yang profesional memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang ada di lembaga kependidikan, baik terkait dengan proses pembelajaran, maupun manajerial kelembagaan. Observasi dilakukan dengan metode survei ke lokasi PPL secara langsung kemudian silaturahmi dan tanya jawab dengan kepala sekolah SMK Ma’arif 1 Piyungan. Berdasarkan hasil observasi mahasiswa PPL membuat data jumlah guru, jumlah ruang kelas, jumlah murid dan luas wilayah sekolah. Mahasiswa PPL(team teaching) membagi jadwal pelajaran yang akan diajarkan didalam kelas. SMK Ma’arif 1 Piyungan sendiri masih menggunakan kurikulum KTSP. Secara umum program ajar pun berjalan dengan lancar. Adapun program yang tidak sesuai dengan perencanaan dikarenakan ada yang bersamaan dengan acara lain di sekolah tersebut. Keberhasilan dilihat dari jumlah partisipasi guru dan murid, adapun kegiatan yang berada disekolah seperti menerimaan siswa baru, kegiatan MOS, Outbond MOS, serta kegiatan akreditasi sekolah pada jurusan mesin. Dengan demikian, setelah kegiatan PPL berakhir diharapkan warga SMK Ma’arif 1 Piyungan dapat terus mengembangkan segala potensi anak didiknya supaya kelak bisa menjadi SMK yang berkompeten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SMK Ma’arif 1 Piyungan, Mutihan, Piyungan, Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48479

Actions (login required)

View Item View Item