LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ahmad Luthfi Setiawan, Ahmad Luthfi Setiawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501241036_AHMAD LUTHFI SETIAWAN_SMK COKROAMINOTO PANDAK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memberikan pengalaman nyata secara langsung kepada mahasiswa praktikan tentang proses mengajar di kelas dengan mengalami situasi dan kondisi dalam proses pembelajaran yang sesuai bidang studinya agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun ke dunia kependidikan sepenuhnya.PPL memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PPL di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Program PPL dilaksanakan di SMK Cokroaminoto Pandak pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Program ini adalah PPL pertama yang diadakan di SMK Cokroaminoto Pandak dan mahasiswa praktikan berjumlah 4 orang yang berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Dalam kesempatatan PPL ini praktikan mendapat pengalaman mengajar sebanyak 11 kali yaitu mengajar mata pelajaran Praktik Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga kelas XI TITL dan mata pelajaran Merawat Panel dan Switchgear kelas XII TITL.Selain kegiatan mengajar, praktikan melaksanakan kegiatan piket guru, merencanakan pengembangan laboratorium listrik baru dan turut serta dalam kegiatan sekolah non mengajar lainnya.PPL yang dilakukan praktikan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan dengan menggunakan media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PPL sampai akhir PPL, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan disepakati antara pihak sekolah dan mahasiswa praktikan. Melalui kegiatan PPL yang dilaksanakan selama dua bulan di SMK Cokroaminoto Pandak, mahasiswa menghadapi berbagai dinamika mengajar khususnya di SMK Swasta. Mahasiswa memperoleh pengalaman nyata mengajar secara langsung di kelas, menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat, serta mengetahui perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang guru profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Cokroaminoto, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48478

Actions (login required)

View Item View Item