Persepsi Guru Biologi Terhadap Tingkat Kesulitan Untuk Penerapan Pendekatan Scientific Inquiry Berdasarkan Latar Belakang Akademik dan Pengalaman Mengajar Guru di SMAN Kabupaten Kulon Progo

Prabawati, Ratna (2017) Persepsi Guru Biologi Terhadap Tingkat Kesulitan Untuk Penerapan Pendekatan Scientific Inquiry Berdasarkan Latar Belakang Akademik dan Pengalaman Mengajar Guru di SMAN Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-prabawati-14725251016.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap kesulitan untuk menerapan pendekatan scientific inquiry berdasarkan latar belakang akademik dan pengalaman mengajar guru SMAN di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian survei yang dilaksanakan secara sensus. Subjek penelitian ini adalah 20 guru biologi SMAN Kabupaten Kulon Progo yang bersedia menjadi subjek penelitian. Selain itu juga dihimpun 574 siswa yang diambil secara acak sebagai pendukung persepsi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan latar belakang akademik dan pengalaman mengajar yang berbeda, guru tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan scientific inquiry ditinjau dari persepsi guru, persepsi siswa, hasil dokumentasi dan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, scientific inquiry
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:56
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48475

Actions (login required)

View Item View Item