PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM HUKUM BOYLE DAN GAY LUSSAC BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI

Yuni Lestari, Rizki and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM HUKUM BOYLE DAN GAY LUSSAC BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) praktikum berbasis media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menggunakan alat ukur dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika SMA Kelas XI, (2) mengetahui peningkatan keterampilan menggunakan alat ukur peserta didik pada mata pelajaran Fisika SMA Kelas XI dengan menggunakan LKPD praktikum berbasis media audio visual, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika SMA Kelas XI dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) praktikum berbasis media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4- D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterampilan menggunakan alat ukur , lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal tes, dan angket respon peserta didik. Tahap develop dilakukan untuk memperoleh instrumen penelitian yang sudah divalidasi dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh dosen ahli dan praktisi, pelaksanaan uji lapangan terbatas, dan uji luas. Produk LKPD yang dikembangkan diuji coba di SMA 1 Kaihan. Tahap dessiminate dilakukan untuk penyebaran LKPD Praktikum Berbasis MAV di SMA 1 Kasihan dan SMA 2 Bantul. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis validitas menggunakan Content Validity Index (CVI), analisis reliabilitas menggunakan Percentage of Agreement, analisis peningkatan kemampuan kognitif peserta didik menggunakan standard gain <g>, analisis keterampilan dan respon peserta didik menggunakan rerata, dan analisis keterlaksanaan menggunakan IJA. Hasil menunjukkan bahwa : (1) LKPD Praktikum Berbasis MAV yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menggunakan alat ukur Fisika ditinjau dari nilai CVI 0,9 (sangat baik). Nilai reliabilitasnya sebesar 95,5% (reliabel). Respon peserta didik sebesar 3 (sangat tinggi). (2) peningkatan keterampilan menggunakan alat ukur peserta didik dengan menggunakan LKPD Praktikum Berbasis MAV dilihat dari nilai rata-rata pertemuan pertama sebesar 2,46 (rendah) dan pertemuan kedua sebesar 3,36 (sangat tinggi). (3) peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fisika SMA Kelas XI dengan menggunakan LKPD Praktikum Berbasis MAV ditunjukan oleh nilai gain <g> sebesar 0,6 (sedang). . Kata Kunci : LKPD Praktikum, Media Audio Visual, hasil belajar kognitif, keterampilan menggunakan alat ukur, dan Persamaan Keadaan Gas Ideal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48472

Actions (login required)

View Item View Item