PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB PRESENTATION AND DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA DITINJAU DARI PENCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Agusasi Pramesti, Hari and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB PRESENTATION AND DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA DITINJAU DARI PENCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk performance task assessment sub presentation and discussion yang layak untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di MAN Yogyakarta I; (2) mengetahui efektivitas performance task assessment sub presentation and discussion dalam pembelajaran fisika melalui kegiatan praktikum ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Model. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak harmonik sederhana. Pada tahap Design, merancangan produk perangkat pembelajaran yang selanjutnya produk tersebut di konsultasikan dengan ahli untuk divalidasi. Pada tahap Develop, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan uji terbatas dan uji meluas. Pada tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas XI IPA 1, 32 peserta didik kelas XI IPA 2, dan 33 peserta didik kelas XI IPA 3 di MAN Yogyakarta I. Hasil penelitian berupa penilaian kinerja peserta didik selama melakukan kegiatan presentasi dan diskusi hasil praktikum gerak harmonik sederhana, berdasarkan penilaian dari observer. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk performance task assessment sub presentation and discussion telah tervalidasi secara deskriptif dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik, dengan nilai CVR dan CVI sebesar 0.99 pada rentang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48466

Actions (login required)

View Item View Item