Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Project Work Berbasis Modul untuk Pencapaian Kompetensi Memangkas Rambut di SMK Negeri 1 Sewon Bantul

Juniastuti, Eni (2016) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Project Work Berbasis Modul untuk Pencapaian Kompetensi Memangkas Rambut di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eni-juniastuti-11702251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pangkas rambut pada siswa, (2) tanggapan guru dan siswa setelah penerapan model pembelajaran project work berbasis modul, (3) efektifitas penerapan model pembelajaran project work dalam pencapaian kompetensi pangkas rambut di SMK Negeri I Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control-group design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Tata kecantikan di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Kelas TKR A dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TKR B dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas soal tes untuk mengukur kemampuan pretest siswa dan tes praktik mengukur kemampuan unjuk kerja siswa dalam mata pelajaran pangkas rambut. Analisis data dilakukan secara stastistik deskriptif dan stastistik inferensial dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi siswa yang pembelajarannya menerapkan model project work berbasis modul pada kelas eksperimen masuk kategori kompeten (100%), dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut untuk kategori berkompeten sebanyak (16%), kategori cukup kompeten (36%) dan yang tidak kompeten sebanyak (48%); (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran project work berbasis modul rata-rata 68.08 atau 85.05 %, yang menunjukan respon yang sangat baik, sedangkan tanggapan guru menunjukan rata-rata 55.75 dengan atau 96.12 % yang menunjukan respon yang sangat; (3) terdapat efektifitas menerapkan pembelajaran model project work berbasis modul pada kelas eksperimen, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai kemampuan kognitif rata-rata pretest 62,32 menjadi 80,40 pada posttest, dan pada kemampuan psikomotor rata-rata pretest 73,24 menjadi 83,24 dalam posttest. Peningkatan ini dinyatakan signifikan setelah dibuktikan dengan uji t (t-test). Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran project work berbasis modul efektif dalam pencapaian kompetensi pangkas rambut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, project work
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Apr 2017 10:46
Last Modified: 03 Apr 2017 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48462

Actions (login required)

View Item View Item