Penyetaraan Vertikal Tes Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Fithriyaningsih, Nur Rohmah (2016) Penyetaraan Vertikal Tes Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-rohmah-fithriyaningsih-14701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik perangkat tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar akuntansi siswa SMK jurusan akuntansi kelas X dan XI di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), (2) kemampuan siswa Akuntansi SMK kelas X dan XI di DIY, (3) Untuk mengetahui persamaan kesetaraan vertikal tes hasil belajar Akuntansi siswa SMK di Provinsi DIY, (4) perkembangan kemampuan akuntansi siswa SMK kelas X dan XI di DIY, dan (5) akurasi model penyetaraan yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK dengan Kompetensi Keahlian Akuntansi di DIY dengan populasi semua siswa kelas X dan XI. Sampel diambil berdasarkan teknik stratified proportional random sampling dengan jumlah 536 siswa kelas X dan 535 siswa kelas XI. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menerapkan penyetaraan vertikal dengan anchor tes sebanyak 20%. Validitas instrumen berdasarkan telaah judgement dan reliabilitas tes berdasarkan koefisien Alpha dan berdasarkan fungsi informasi tes. Analisis data dilaksanakan berdasarkan teori tes klasik dan teori respon butir. Penyetaraan tes dilaksanakan dengan metode klasik linier dan IRT. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan Teori Tes Klasik, butir-butir instrumen tes kelas X dan XI valid, mempunyai rata-rata tingkat kesukaran sedang, daya beda yang baik, pengecoh yang berfungsi dengan baik, dan instrumen memiliki koefisien reliabilitas yang memenuhi syarat. Berdasarkan Item Response Theory, instrumen penelitian pada kelas X dan XI memiliki rerata tingkat kesukaran sedang, butir-butir memiliki daya beda yang baik dan fungsi informasi yang baik. (2) Kemampuan berdasarkan teori tes klasik diperoleh rata-rata raw score siswa kelas X sebesar 24,222 dengan standar deviasi 5,559 dan rata-rata raw score siswa kelas XI sebesar 21,29 dengan standar deviasi 7,073, berdasarkan teori modern rata-rata θ siswa kelas X sebesar -0,005 dengan standar deviasi 0,883 dan rata-rata θ siswa kelas XI sebesar 0,000 dengan standar deviasi 0,942 (3) Persamaan berdasarkan penyetaraan klasik menghasilkan penyetaraan Y`=1,250 X- 8,135 dengan metode Tucker, Y`=1,217X-6,769 dengan metode Levine observed score dan Y`=1,244X-7,414 dengan Levine true score. Persamaan berdasarkan penyetaraan modern menghasilkan penyetaraan Y`= 1,19 X + 0,416 dengan metode mean/sigma dan Y`= 1,24 X + 0,473 dengan metode mean/mean.(4) Hasil penyetaraan menunjukkan bahwa ada perkembangan kemampuan secara signifikan namun pada arah negatif baik dilihat berdasarkan metode klasik maupun modern. (5) Perhitungan SEE antara metode linier Tucker, Levine observed score maupun Levine true score menghasilkan hasil yang hampir sama yaitu sebesar 0,140. Perhitungan RMSD menghasilkan hasil RMSD metode mean/sigma lebih rendah dari pada RMSD mean/mean.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyetaraan vertikal, tes kemampuan akuntansi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2017 08:08
Last Modified: 08 Mar 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48461

Actions (login required)

View Item View Item