Analisis Unit Cost Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK di Kabupaten Sleman

Nuryadin, Nuryadin (2016) Analisis Unit Cost Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuryadin-14702251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbandingan nilai rerata unit cost (uc) yang riil dan ideal bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa; (2) uc per Paket Keahlian (PK); (3) pengaruh jumlah siswa terhadap nilai uc; dan (4) keefektifan pendayagunaan anggaran pendidikan dalam proses pembelajaran di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data dikumpulkan melalui observasi naturalistik, kaji dokumen, dan wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan pendekatan model Activity-Based Costing. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok, SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Nasional Berbah. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Nilai uc rerata riil tahun ajaran 2015/2016 sebesar Rp 3.711.951/siswa/tahun dan nilai uc ideal berdasarkan PP No. 69 tahun 2009 sebesar Rp 2.917.275/siswa/tahun setelah diperhitungkan dengan inflasi 6% per tahun atau 48%, namun angka tersebut tidak sepenuhnya berbasis kebutuhan karena dana dibagi rata (2) uc rerata per siswa per tahun pada 16 PK yang diselanggarakan di Kabupaten Sleman, yakni PK TITL sebesar Rp 3.413.092; PK TP sebesar Rp 3.767.139; PK TKR sebesar Rp 3.706.291; PK TKJ sebesar 3.798.250; PK TSM sebesar Rp 3.468.780; PK TGB sebesar Rp 3.893.536; PK MM sebesar Rp 3.705.549; PK TEI sebesar Rp 3.620.204; PK TAV sebesar Rp 4.129.366; PK TPBO sebesar Rp 4.129.366; PK TGP sebesar Rp 4.129.366; PK TKA sebesar Rp 4.129.366; PK TKI sebesar Rp 4.129.366; PK TOI sebesar Rp 4.129.366; PK TPMP sebesar Rp 4.129.366; PK TPS sebesar Rp 3.657.705. (3) Hasil uji hipotesis pengaruh jumlah siswa terhadap nilai uc di SMK didapat persamaan regresi Y= 263,998 – 12,612X1 yang berarti bahwa semakin banyak jumlah siswa semakin kecil nilai uc. (4) Keefektifan penggunaan anggaran pendidikan dalam proses pembelajaran di SMK dapat memenuhi dari tujuan pembelajaran, yakni mampu menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja; melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; mampu memilih pekerjaan, berkompetisi dan mengembangkan diri, mampu berwirausaha; serta dapat memprofesionalkan guru dan karyawan yang berarti penggunaan anggaran pendidikan untuk proses pembelajaran cukup efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: unit cost, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2017 03:55
Last Modified: 23 Aug 2022 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48455

Actions (login required)

View Item View Item