PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE UNTUK MENGENAL ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK KELOMPOK B TK INDRIYASANA PUGERAN

Handayani, Katarina Ardela (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE UNTUK MENGENAL ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK KELOMPOK B TK INDRIYASANA PUGERAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Katarina Ardela Handayani_12105244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan alat permainan edukatif puzzle yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas untuk mengenalkan angka 1-10 pada siswa kelompok B di TK Indriyasana Pugeran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model Borg & Gall dan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada 9 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan tujuan dan materi; (3) pengembangan; (4) uji coba awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk utama; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Indriyasana Pugeran. Media diuji cobakan kepada subyek sebanyak 3 tahap, tahap uji coba lapangan awal melibatkan 4 siswa, uji coba lapangan meliatkan 8 siswa dan uji coba lapanan operasional melibatkan 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa alat permainan edukatif puzzle untuk mengenalkan angka kepada siswa kelompok B TK Indriyasana Pugeran yang layak digunakan sebagai media untuk mengenalkan angka. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi mendapatkan skor 4,35 masuk dalam kategori sangat layak dan penilaian ahli media tahap akhir memperoleh skor 4,78 masuk dalam kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukan bahwa media puzzle angka pada uji kelayakan kepada ahli media dan ahli materi dinilai layak. Pada tahap uji coba lapangan awal melibatkan 4 siswa diperoleh hasil persentase sebesar 82,5% sehingga memenuhi kriteria layak. Pada tahap uji coba lapangan yang melibatkan 8 siswa diperoleh persentase 90% dan memenuhi kategori layak. Pada tahap uji coba lapangan operasional yang melibatkan 16 siswa, memperoleh 92,5% masuk dalam kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa Alat Permainan Edukatif Puzzle Angka ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48454

Actions (login required)

View Item View Item