EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA BERBASIS E-LEARNING KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Poetra, Riansyah Rizky (2017) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA BERBASIS E-LEARNING KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RIANSYAH RIZKY POETRA _ 12105244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian program pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa berbasis E-Learning kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi tahap pengumpulan data awal, tahap pengumpulan dan analisis data serta tahap penyusunan laporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Bantul, sedangkan waktu penelitian diambil pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 12 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas, 1 orang pendidik dan 1 orang kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian dengan model evaluasi CIPP yaitu terdapat pada evaluasi input, fakta dilapangan menemukan bahwa tidak ada experts di bidang E-Learning yang mengelola segi teknis. Selain itu pada evaluasi context belum terciptanya lingkungan berbasis teknologi informasi di kalangan pendidik dan birokrasi juga menjadi fokus evaluasi tersendiri terhadap penghambat keberlangsungan ELearning Bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Bantul. Hasil evaluasi pada indikator yang lain sudah dapat dikatakan baik terkait dengan adanya latar belakang program, analisis kebutuhan program sudah mampu mengantisipasi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar, relevansi dengan kurikulum terintegrasi dengan kurikulum sekolah maupun materi pembelajaran, kesesuaian sasaran program dengan target pembelajaran, kompetensi pendidik, kesiapan siswa, ketersediaan sarana dan prasarana, kualitas penyajian materi, pelaksanaan program dan ketercapaian tujuan program. Adapun faktor pendukung yang ditemukan selama penelitian lebih banyak dijumpai daripada faktor penghambat, hal inilah yang terus mendorong keberlangsungan kegiatan pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa berbasis E-Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48453

Actions (login required)

View Item View Item