ANALISIS KONTEN SERIAL FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM 8 DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Harnadi, Azuna Vion (2017) ANALISIS KONTEN SERIAL FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM 8 DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Azuna Vion Harnadi_12105241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk prinsip desain pesan pembelajaran dalam serial film animasi Upin dan Ipin musim 8 (season 8) terkait konten yang disajikan dari aspek prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, prinsip partisipasi aktif, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang mengadopsi langkah-langkah Eriyanto. Analisis isi ini tidak menguji hipotesis ataupun hubungan antar variabel, namun menggambarkan aspek dan karakteristik dari suatu pesan. Dalam penelitian ini, analisis isi menggambarkan bentuk penerapan desain pesan pembelajaran pada serial film animasi Upin dan Ipin musim 8. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perumusan tujuan analisis, konseptualisasi dan operasionalisasi, pembuatan lembar koding (coding sheet) atau kisi-kisi instrumen, penentuan populasi dan sampel, proses koding, input data, dan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten yang disajikan dalam serial film animasi Upin dan Ipin musim 8 menerapkan prinsip desain pesan pembelajaran. Pada prinsip kesiapan dan motivasi adalah adalah pengenalan karakter yang bersemangat dan antusias. Pada prinsip alat pemusat perhatian adalah bentuk ekspresi karakter, efek animasi, dan visual yang mendukung elemen-elemen didalamnya memiliki nilai unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik yang luar biasa yang berujung pada pemusatan perhatian penonton. Pada prinsip partisipasi aktif siswa atau penonton adalah pancingan atau stimulus kepada penonton untuk dipikirkan melalui berbagai adegan yang ada dalam film. Pada prinsip umpan balik adalah terjawabnya pertanyaan dari masalah-masalah atau misteri dalam film. Jawaban disini berupa flashback dan tambahan informasi. Dan pada prinsip perulangan adalah pengulangan informasi penting atau informasi yang menjadi topik bahasaan. Pengulangan informasi disini berupa tambahan, perincian, dan penguatan informasi yang diperbincangkan karakter dalam film.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 07 Apr 2017 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48450

Actions (login required)

View Item View Item