LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Mega Septiana Ika Rahayu, Mega Septiana Ika Rahayu (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN mega.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan mega septiana ika rahayu.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah micro teaching serta lulus dari batas minimal yang telah ditentukan. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh pihak universitas sebagai upaya untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa mengenai segala hal tentang kependidikan baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini di antaranya yaitu untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sedayu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir pada tanggal 15 September 2016. Praktikan mengajar mata pelajaran Fisika di kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 sebanyak 10 kali tatap muka terbimbing. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui kendala yang berat, permasalahan-permasalahan yang ada masih dapat dikendalikan. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat administrasi pembelajaran serta dievaluasi pasca melakukan kegiatan tatap muka terbimbing. Adapun perangkat pembelajaran yang telah dibuat yaitu perhitungan waktu, program tahunan (PROTA), program semester (PROSEM), RPP kelas XII satu semester, serta perangkat ulangan harian. Selain praktik mengajar di kelas, mahasiswa melakukan praktik persekolahan yang meliputi piket salam & sidak pintu gerbang, piket ruang BK, piket ruang guru, piket UKS , piket TU dan piket perpustakaan. Pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan ini telah memberikan pengalaman nyata kepada praktikan. Praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk di bangku kuliah. Hubungan yang baik antara pengelola universitas, sekolah dan mahasiswa praktikan sangat diperlukan untuk membentuk sinergisitas kerja yang baik serta mendukung terwujudnya tujuan yang hendak dicapai oleh masing-masing pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, mengajar, PPL, praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48426

Actions (login required)

View Item View Item