LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rosa Delima Istiningtyas, Rosa Delima Istiningtyas (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rosa Delima I_PE_13804241034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu pengalaman luar biasa bagi mahasiswa kependidikan adalah mempraktikkan langsung ilmu yang telah diperoleh di semester 1 hingga semester 6 memalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA NEGERI 1 SEDAYU sejak 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 yang beralamatkan di Jalan Kemusuk Km 1, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Kegiatan PPL yang telah berlangsung selama dua bulan dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program kepada pihak sekolah dan DPL dan pelaksanaan program yang direncanakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Selama praktik mengajar, mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masingmasing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Ekonomi. Selama praktik mengajar, tentunya mahasiswa memperoleh pengalaman yang luar biasa mulai dari mengenal karakter siswa satu per satu, mengelola kelas, menghadapi problem dalam pembelajaran dan juga menuangkan apa yang diperoleh selama perkuliahan selama 6 semester. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY 2016 diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: hasil, PPL, program,, SMA Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48424

Actions (login required)

View Item View Item