HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KLATEN

Adnan, Gazali Abas (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GAZALI ABAS ADNAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat kebugaran jasmani seseorang karena dengan jasmani yang bugar maka akan memiliki kemampuan motorik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan motorik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten sebanyak 292 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten sebanyak 165 siswa yang dihitung menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Instrumen yang digunakan pada kemampuan motorik adalah barrow motor ability test yang dikutip oleh Nur Hasan (2004: 6.8) yang terdiri atas: standing broad jump, soft ball throw, zig-zag run, wall pass, medicine ball put, dan lari 60 yard dash. Instrumen yang digunakan pada tingkat kebugaran jasmani mengacu pada buku Tingkat Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) (2010: 3-31) meliputi: kecepatan dengan tes lari 40 meter, kekuatan dengan tes gantung siku tekuk, tes baring duduk 30 detik, daya ledak dengan tes loncat tegak, dan daya tahan jantung dengan tes lari 600 meter. Teknik Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan motorik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Klaten. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,561>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik, Tingkat Kebugaran Jasmani, Siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 13:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48421

Actions (login required)

View Item View Item