Herkutanto, Candra (2016) Pengembangan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi untuk Kelas XI Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-candra-herkutanto-14702251068.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi untuk peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia, (2) menguji kelayakan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, dan (3) menguji pengaruh penggunaan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Alessi & Trollip. Terdapat 3 tahap pengembangan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Desain, dan 3) Pengembangan. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Uji normalitas menggunakan metode One-Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan metode Levene Statistic, dan untuk menguji hipotesis menggunakan metode independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 3,78 termasuk kategori “Sangat Baik” dengan persentase nilai 94,50% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak” dan 2) Ahli media diperoleh total skor 3,76 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase nilai 94,00% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Terdapat pengaruh penggunaan Modul Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Animasi Dua Dimensi terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,050 (0,000 < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran animasi dua dimensi lebih baik daripada minat dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul multimedia pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 06:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48415 |
Actions (login required)
View Item |