MAKNA PUISI DICHTER DAN ANKLAGE DALAM KUMPULAN PUISI WEST-ÖSTLICHER DIVAN KARYA JOHANN WOLFGANG VON GOETHE: ANALISIS HERMENEUTIKA DILTHEY

Idam, Rosyda Suha (2017) MAKNA PUISI DICHTER DAN ANKLAGE DALAM KUMPULAN PUISI WEST-ÖSTLICHER DIVAN KARYA JOHANN WOLFGANG VON GOETHE: ANALISIS HERMENEUTIKA DILTHEY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan TAS Idam Rosyda Suha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konsep Erlebnis, (2) Ausdruck, dan (3) Verstehen. Sumber data adalah puisi Dichter dan Anklage dalam Kumpulan Puisi West-östlicher Divan karya Johann Wolfgang von Goethe. Data diperoleh dengan teknik baca, teknik catat, dan teknik riset kepustakaan. Keabsahan data diperoleh dengan validitas semantik dan diperkuat dengan validitas expert judgment. Reliabilitas adalah reabilitas intrarater dan interrater. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Erlebnis yang terdapat dalam puisi Dichter dan Anklage ditinjau dari pengalaman hidup Goethe dan sejarah puisi Dichter dan Anklage. (2) konsep Ausdruck a) diksi dan gaya bahasa, b) ungkapan Goethe dalam puisi Dichter yang diungkapkan oleh ich (aku) dan konsep Ausdruck a) diksi dan gaya bahasa, b) ungkapan Goethe dalam puisi Anklage yang diungkapkan oleh ich (aku). (3) konsep Verstehen dalam puisi Dichter berisi kekaguman Goethe kepada Hafis dan puisinya yang digambarkan oleh ich (aku). Konsep Verstehen dalam puisi Anklage (a) pemikiran Goethe mengenai tuduhan kepada Hafis dan (b) kekecewaan Goethe mengenai tuduhan kepada Hafis, yang digambarkan oleh ich (aku).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: puisi, Johann Wolfgang Goethe, hermeneutik Wilhelm Dilthey
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 13:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48399

Actions (login required)

View Item View Item