Gunawan, . MENCARI PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA KEDUAYANGKOKOH. DIKSI.
|
Text
Mencari_Prinsip_Pembelajaran_Bahasa_Kedua_yang_Kokoh.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Setelah suatu metode atau pendekatan yang terbaru diterapkan dalam pembelajaran bahasa kedua/asing, misalnya pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia, selalu saja ada kelemahan baru yang tidak teratasi, dan tampaknya keberhasilan pembelajaran bahasa kedua/asing secara umum belum juga beranjak dari kedudukan semula (kurang berhasil). Mengapa demikian? Tulisan ini mencoba memberikan rasionalnya. Setiap metoda selalu diturunkan dari sejumlah prinsip. Kebenar- an dan kekokohan prinsip-prinsip ini akan menentukan kualitas metoda atau pendekatan yang diturunkalmya. ladi, yang sesung- guhnya menjadi masalah adalahjustru pada seberapajauh kebenar- an dan kokokohan prinsip-prinsip yang selama ini dipakai untuk mengemballgkall sebuah metoda atau pelldekatan pembelajarall bahasa kedua/asing yang dikutip dalam tulisan tersebut dapat dipertanggung-jawabkan. Melalui tulisan Brown (1987), Larsen- Freemall (1986), Palmer (1974), dan Subyakto, (1988) dalam masillg-ma..~ingbukunya yallg terkait dengan keberadaan prinsip pembelajaran bahasa kedua/asing ini diharapkan akan didapat gambarall yallg memadai bagi para pihak yang terkait telltallg status prinsip-prinsip pembelajaran bahasa kedua/asing tersebut hingga waktu illi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Users 93 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 15:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 15:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4839 |
Actions (login required)
View Item |