Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII dengan Model Discovery Learning Berorientasikan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis

Arifin, Nurdin (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII dengan Model Discovery Learning Berorientasikan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurdin-arifin-14709251021.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran SMP Kelas VIII dengan model discovery learning berorientasikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Sisiwa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa yang berasal dari satu kelas di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian siswa, dan tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif dengan skala lima berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif. Analisis data keefektifan berdasarkan hasil tes dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII dengan model discovery learning berorientasikan kemampuan penalaran dan matematis. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk RPP dan LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori sangat praktis berdasarkan penilaian guru, kategori praktis berdasarkan penilaian siswa, dan kategori sangat praktis berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keeefektifan mencapai kategori efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes kemampuan penalaran matematis mencapai 75,76%, tes kemampuan komunikasi matematis 78,79%, dan tes prestasi belajar 82%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, matematika, discovery learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48370

Actions (login required)

View Item View Item