Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta

Pertiwi, Indah (2016) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-pertiwi-14709251002.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta, dan (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy model). Subjek dalam penelitian ini adalah 22 guru dan 694 siswa yang berasal dari 22 SMP di Kota Yogyakarta untuk pengumpulan data kuantitatif serta 6 SMP di Kota Yogyakarta untuk pengumpulan data kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket siswa, angket guru, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kategorisasi, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup dengan rincian perencanaan termasuk dalam kategori cukup, pelaksanaan termasuk dalam kategori cukup, dan penilaian dalam kategori kurang. Kedua, faktor pendukung perencanaan antara lain: (1) visi dan misi sekolah; dan (2) adanya peraturan dan tata tertib yang telah diatur sekolah, dukungan. Faktor pendukung pelaksanaan antara lain: (1) kerjasama yang baik antara lingkungan sekolah maupun warga sekolah; (2) kondisi siswa yang memiliki dasar karakter baik; dan (3) contoh perilaku positif guru sebagai teladan. Faktor penghambat perencanaan antara lain: (1) guru belum memiliki pemahaman yang memadai tentang konsep pendidikan karakter terutama implementasi dalam pembelajaran matematika, dan (2) guru masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi nilai-nilai karakter dari kompetensi dasar pada mata pelajaran matematika. Faktor penghambat pelaksanaan antara lain: (1) guru belum dapat mengimplementasikan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran matematika dengan baik, dan (2) sarana dan prasarana yang belum lengkap. Faktor penghambat penilaian yaitu dokumentasi penilaian sikap siswa masih lemah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48368

Actions (login required)

View Item View Item