Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap dengan Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Flexible Mathematical Thinking Berorientasi pada Prestasi, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa

Ningrum, Retno Kusuma (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap dengan Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Flexible Mathematical Thinking Berorientasi pada Prestasi, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-kusuma-ningrum-14709251074.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan menggunakan model problem based learning berbasis flexible mathematical thinking berorientasi pada prestasi, kemampuan komunikasi matematis dan rasa ingin tahu siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Plomp meliputi tahapan berikut: (1) penelitian awal yang meliputi analisis kondisi dan lingkungan siswa serta kajian literatur; (2) pengembangan produk yang meliputi perancangan dan penyusunan perangkat pembelajaran; dan (3) penilaian yang meliputi validasi ahli dan uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi produk, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket rasa ingin tahu. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Negeri 1 Piyungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi aspek kevalidan ditunjukkan dengan hasil penilaian RPP dengan kategori sangat baik dan LKS dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan ditunjukkan dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik, penilaian kepraktisan oleh siswa berada pada kategori sangat baik dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%. Perangkat pembelajaran memenuhi aspek keefektifan ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan rasa ingin tahu, namun belum efektif jika ditinjau dari prestasi belajar siswa, sehingga produk perlu direvisi kembali. Hasil penilaian oleh praktisi menunjukkan bahwa produk hasil revisi diprediksi memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, matematika, problem based learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 06:33
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48367

Actions (login required)

View Item View Item