Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Self Confidence siswa

Kurniawati, Evri (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Self Confidence siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-evri-kurniawati_14709251060.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP Kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan problem based learning berbasis multiple intelligences berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan self confidence siswa. Proses pembelajaran menggunakan tahapan dalam problem based learning dengan memberdayakan multiple intelligences yang dimiliki siswa. Peneletian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Developmen, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G di SMP N 1 Bantul. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes prestasi belajar, tes kemampuan penalaran, dan skala self confidence siswa. Kualitas pengembangan perangkat pembelajaran mencakup kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika skor penilaian ahli, penilaian guru, dan penelian siswa memenuhi kualifikasi baik atau mencapai rata-rata skor x ̅≥3,4 dari skor maksimal 5. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif ditinjau dari prestasi belajar jika apabila minimal nilai siswa yang lebih atau sama dengan 75 adalah 75%, efektif ditinjau dari kemampuan penalaran jika proporsi siwa yang mencapai katagori minimal tinggi mencapai 70%, dan efektif ditinjau dari self confidence siswa proporsi siswa yang mencapai minimal tinggi mencapai 75%. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar berupa RPP dan LKS. Aspek kevalidan perangka pembelajaran telah memenuhi kriteria valid dengan katagori sangat baik. Aspek kepraktisan berdasarkan penilaian guru dan siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditinjau dari prestasi belajar proporsi jumlah siswa yang mencapai KKM lebih dari atau sama dengan 75%, ditinjau dari kemampuan penalaran proporsi jumlah siswa yang mencapai katagori minimal tinggi lebih dari atau sama dengan 70% dan ditinjau dari hasil angket self confidence proporsi jumlah siswa yang mencapai katagori minimal tinggi lebih atau sama dengan 75%. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem based learning, multiple intelligences, prestasi belajar, kemampuan penalaran, self confidence
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2017 06:34
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48366

Actions (login required)

View Item View Item