Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Model Problem-Based Learning (PBL) Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap Percaya Diri Siswa

Wondo, Maria Trisna Sero (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Model Problem-Based Learning (PBL) Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap Percaya Diri Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-trisna-sero-wondo-14709251050.swf

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning (PBL) berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap percaya diri siswa, dan (2) mendeskripsikan kualitas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning (PBL) berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap percaya diri siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) fase penelitian awal (2) fase pengembangan dan (3) fase penilaian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket sikap percaya diri. Subjek uji coba penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Maria Goretti Ende. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis keefektifan dilakukan dengan cara menentukan peningkatan hasil dan persentase ketuntasan belajar dari tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket sikap percaya diri. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning (PBL) berupa RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rerata skor validasi yaitu 243 berada pada kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan rerata skor penilaian guru yaitu 79 (sangat praktis), rerata skor penilaian siswa yaitu 34,6 (sangat praktis), dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru dan siswa berturut-turut yaitu 95,4% (sangat praktis) dan 94% (sangat praktis). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri siswa. Terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas pada tes prestasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil pretes dan postes. Ketuntasan belajar sudah mencapai kriteria minimal 80% yaitu untuk tes prestasi belajar mencapai 97,5% sedangkan tes kemampuan pemecahan masalah mencapai 95%. Berdasarkan angket sikap percaya diri, 100% siswa menunjukkan peningkatan skor sikap percaya diri, dan 85% siswa memiliki sikap percaya diri dengan kategori minimal tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, matematika, problem-based learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48365

Actions (login required)

View Item View Item