Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving terhadap Literasi Sains serta Kreativitas dan Inovasi Siswa SMP Kelas VII SMP

Triyono, Triyono (2016) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving terhadap Literasi Sains serta Kreativitas dan Inovasi Siswa SMP Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-triyono-14708259013.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving terhadap literasi sains serta kreativitas dan inovasi siswa kelas VII SMP; (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving terhadap literasi sains siswa kelas VII SMP; serta (3) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving terhadap kreativitas dan inovasi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Gunungkidul yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling untuk kategori sekolah tinggi, menengah, dan rendah berdasarkan peringkat sekolah dalam ujian kenaikan kelas tahun 2014/2015, ujian semester 1 tahun 2015/2016 serta skor UN 2013, 2014 dan 2015 sehingga diperoleh SMPN 1 Wonosari, SMPN 1 Semin dan SMPN 1 Paliyan. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis CPS dan kelas kontrol diberikan pembelajaran saintifik berbasis DL. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data berupa soal literasi sains, soal kreativitas dan inovasi, dan lembar observasi. Uji Manova dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap kedua variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap masing-masing variabel terikat dengan memperhatikan nilai signifikansi koefisian F pada test of between-subjects effects dari hasil uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA berbasis CPS berpengaruh signifikan terhadap literasi sains serta kreativitas dan inovasi siswa kelas VII SMP; (2) Pada sekolah kategori tinggi, kemampuan literasi sains siswa kelas VII SMP yang menerapkan pembelajaran berbasis CPS tidak lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan pembelajaran saintifik berbasis DL, sedangkan pada sekolah kategori menengah dan rendah kemampuan literasi sains siswa kelas VII SMP yang menerapkan pembelajaran berbasis CPS rata-rata secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas VII SMP yang menerapkan pembelajaran saintifik berbasis DL; serta (3) pada semua kategori sekolah di Kabupaten Gunungkidul, kreativitas dan inovasi siswa kelas VII SMP yang menerapkan pembelajaran berbasis CPS rata-rata secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas VII SMP yang menerapkan pembelajaran saintifik berbasis DL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, creative problem solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48364

Actions (login required)

View Item View Item