Profil Kompetensi Lulusan SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Menurut Kebutuhan Industri dan Relevansinya Dengan Kurikulum SMK

Abdillah, Hamid (2016) Profil Kompetensi Lulusan SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Menurut Kebutuhan Industri dan Relevansinya Dengan Kurikulum SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hamid-abdillah-14702251029.swf

Download (147MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) profil lulusan SMK program keahlian teknik pemesinan menurut kebutuhan industri, (2) relevasi antara profil lulusan SMK program keahlian teknik pemesinan menurut kebutuhan industri dengan kurikulum 2013, dan (3) proses pembelajaran di SMK yang mencerminkan profil kompetensi lulusan SMK program keahlian teknik pemesinan menurut kebutuhan industri Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini melibatkan 8 Industri manufaktur dan 10 SMK program keahlian teknik pemesinan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampling jenuh untuk menentukan responden industri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik dokumentasi digunkan untuk mengumpulkan data mengenai kurikulum 2013 untuk SMK, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui persepsi industri mengenai profil kompetensi lulusan SMK menurut kebutuhan industri dan persepsi guru mengenai pembelajaran di SMK. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi industri mengenai profil kompetensi lulusan SMK keahlian teknik pemesinan masuk dalam kategori sangat penting dengan persentase pencapaian sebesar 84%. (2) profil kompetensi yang terdiri dari 114 butir kompetensi dalam 3 aspek kompetensi yaitu, kompetensi bidang keahlian, kompetensi intrapersonal, kompetensi interpersonal memiliki 84 butir kompetensi yang masuk dalam kategori sangat penting dan 20 butir kompetensi masuk dalam kategori penting. (3) relevansi antara profil kompetensi lulusan SMK keahlian teknik pemesinan dengan kurikulum 2013 di SMK mencapai 69%, (4) Pembelajaran di SMK yang mencerminkan profil kompetensi lulusan SMK program keahlian teknik pemesinan menurut kebutuhan industri berdasarkan persepsi guru masuk dalam kategori memadai dengan persentase pencapaian 55%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi lulusan, SMK, kurikulum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Mar 2017 01:45
Last Modified: 29 Mar 2017 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48353

Actions (login required)

View Item View Item