LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ardika Kurniandaru, Ardika Kurniandaru (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
21). 13406241029_Ardika Kurniandaru.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah Universitas yang melahirkan generasi pendidik. Hal tersebut didukung dengan usaha peningkatan efisiiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran melalui mata kuliah lapangan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program kegiatan PPL dilakukan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau lembaga kependidikan. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup civitas internal sekolah (guru, karyawan, siswa, dan Komite Sekolah). Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Program PPL UNY menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga sekolah, salah satunya SMAN 3 Bantul yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk mengetahui dan belajar untuk memenuhi berbagai administrasi guru, diantaranya RPP, Prota, Prosem, Penilaian, dll. Selain itu inovasi mengajar dan media pembelajaran merupakan hal yang di kembangkan dalam Praktik Pengalaman Lapangan. Pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Hal tersebut berkaitan dengan mata pelajaran sejarah yang merupakan mata pelajaran membosankan dan identik dengan hapalan. Sehingga inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang ideal. Secara umum, dengan adanya kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) dapat menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat melaksanakan program dan tugas-tugasnya di sekolah. Selain itu, melalui Praktik pengalaman Lapangan menjadikan calon pendidik memiliki wawasan tentang pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2016 di SMAN 3 Bantul memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMAN 3 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48337

Actions (login required)

View Item View Item