LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Pujiana, Pujiana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16). 13302241033_Pujiana.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan misi untuk pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 3 Bantul yang terletak di Kabupaten Bantul. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya sehingga diharapkan mampu memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL diawali dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar.Dari hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2016 diketahui beberapa kondisi sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah namun belum diberdayakan. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 21Juli 2016 sampai 2 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 32 kali. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 dan XI IPA 4.Adapun hasil yang dicapai selama PPL, yaitu berupa pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan administrasi di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat kendala pada awalnya. Kendala-kendala ini dapat diatasi atas bantuan dari guru pembimbing dan dukungan serta kerjasama antarmahasiswa PPL di SMA N 3 Bantul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik mengajar, SMA Negeri 3 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 07:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48332

Actions (login required)

View Item View Item