Shinta Hanifati, Shinta Hanifati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
15). 13302244012_Shinta Hanifati.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) secara terbimbing. PPL memiliki misi untuk membentuk dan meningkatkan calon tenaga pendidik yang profesional. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan selama dua bulain yaitu dimulai sejak tanggal 15 Juli sampai 15 September. Salah satu tempat kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ialah di SMA Negeri 3 Bantul yang terletak di Kabupaten Bantul. Pada tahap persiapan, mahasiswa melakukan observasi untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah dan proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Kemudian mahasiswa mempersiapkan perangkat pembelajaran guna praktik secara langsung untuk mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan, mahasiswa telah mengajar sebanyak 40 kali di kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4. Alokasi waktu mengajar setiap kelas adalah 3 jam pelajaran per minggunya. Berdasarkan hasil praktik mengajar, mahasiswa telah menyelesaikan 2 bab materi pembelajaran fisika, yaitu Pengukuran dan Vektor. Pada kegiatan evaluasi, mahasiswa telah melakukan Ulangan Harian, Remidi, dan Pengayaan untuk bab Pengukuran. Sedangkan untuk bab Vektor, mahasiswa hanya memberikan lembar kerja/diskusi peserta didik saja mengingat keterbatasan waktu. Kegiatan PPL diakhiri dengan kegiatan penarikan oleh pihak UNY kepada pihak sekolah. Berdasarkan kegiatan PPL yang telah dilakukan, mahasisawa dapat melakukan kegiatan PPL dengan baik dengan di bantu oleh beberapa pihak diantaranya guru pembimbing, dosen pembimbing, peserta didik, dan teman-teman PPL liannya. Kegiatan PPL telah memberikan pengalaman yang nyata tentang kegiatan praktik mengajar secara langsung di sekolah dengan kondisi peserta didik yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai calon tenaga pendidik yaitu seorang guru yang memiliki kredibilitas dan kualitas yang baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, praktik mengajar, SMA N 3 Bantul. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 07:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |