PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEWARNAAN TEKNIK KERING MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK N 6 YOGYAKARTA

Ema, Marleni (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEWARNAAN TEKNIK KERING MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 11513241004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan video pembelajaran pewarnaan teknik kering mata pelajaran desain busana kelas XII SMK N 6 Yogyakarta pada materi pokok penyelesaian gambar sketsa jaket secara kering, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pewarnaan teknik kering mata pelajaran desain busana kelas XII Tata Busana di SMK N 6 Yogyakarta dalam kompetensi penyelesaian gambar sketsa jaket secara kering. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahap pengembangan produk terdiri dari: (1) analisis kebutuhan produk; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Validasi dilakukan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa. Subjek penelitian diambil menggunakan teknik random sampling kepada 40 siswa yang dibagi untuk uji coba skala kecil 10 siswa, dan uji coba skala besar 30 siswa. Alat pengumpul data menggunakan angket. Validitas menggunakan content validity dengan meminta pendapat dari ahli (judgment expert) dan construct validity terhadap 10 siswa, hasil instrumen dinyatakan valid. Reabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dengan hasil instrumen dinyatakan realiabel. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa: (1) video pembelajaran pewarnaan teknik kering yang dapat dioperasikan di komputer dan handphone dengan pengembangan 5 tahap yaitu : (a) analisa kebutuhan produk berupa analisis kurikulum, silabus, analisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa; (b) pengembangan produk awal, video pembelajaran pewarnaan teknik kering; (c) hasil validasi ahli media dan materi masing-masing dinyatakan “layak” dengan persentase 100%; (d) hasil uji skala kecil dinyatakan “layak” dengan perolehan skor mean (81,7), median (77,5), modus (65), dan standar deviasi (13,01) dengan persentase 40% siswa menyatakan sangat layak, 60% menyatakan layak; (e) hasil uji coba skala besar dinyatakan “layak” dengan perolehan skor mean(79,2), median (77,5), modus (72), dan standar deviasi (7,52) dengan persentase menyatakan 66,67% menyatakan sangat layak dan 33,33% menyatakan layak; (2) kelayakan video pembelajaran pewarnaan teknik kering dari penilaian ahli materi, ahli media, uji skala kecil, dan uji skala besar dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran desain busana kelas XII Tata Busana di SMK N 6 Yogyakarta. Kata kunci: pengembangan, video, teknik kering

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48330

Actions (login required)

View Item View Item