LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Dwi Lestari Ningsih, Dwi Lestari Ningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13). 13804241032_Dwi Lestari Ningsih.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan PPL bagi mahasiswa kependidikan berada di sekolah. Sebelum melakukan kegiatan PPL mahasiswa wajib menempuh mata kuliah micro teaching di semester 6 dan harus lulus dengan nilai B+. Denngan adanya mata kuliah micro teaching bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melakukan praktik mengajar di sekolah sebelum melakukan PPL. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik selain itu memberikan pengalaman mahasiswa mengenai pengelolaan sekolah sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan dan menyelesaikan permasalahan langsung yang dihadapi pada dunia pendidikan. Pelaksanan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan di SMA N 3 Bantul memiliki fasilitas yang cukup memadahi. Pelaksanaan PPL akan dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 yang kurang lebih selama 2 bulan. Pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap dari persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi. Sebelum kegiatan mengajar dimulai mahasiswa harus konsultasi terlebih dahulu mengenai RPP kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X yang berjumlah 6 kelas, 2 kelas IPS dan 4 kelas IPA yang menggunakan kurikulum 2013 telah berjalan dengan baik, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan saat berada di kelas. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 3 Bantul ini dapat diambil hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Ekonomi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Selain itu PPL di SMA N 3 Bantul dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 07:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48328

Actions (login required)

View Item View Item