LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Anissa Rahma, Anissa Rahma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10). 12203241008_Annisa Rahma.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencarii lmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajarn dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar, pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi dan pembuatan laporan sebagai kegaiatn akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMA N 3 Bantul . Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Selama praktik mahasiswa diberi mandat untuk mengampu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan penyusunsn perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48325

Actions (login required)

View Item View Item