LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

LailyaRosyda, LailyaRosyda (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7). 13204241045_Lailya Rosyda.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL dilakukan dengan mengajar di kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 16 kali dalam dua kelas yaitu XI IPA 3 dan XI IPA 4, terdiri dari empat kali mengajar terbimbing dan 12 kali mengajar mandiri. Metode yang digunakan di kelas antara lain ceramah, tanya jawab, discovery learning, talking stick, numbered heads together, komunikatif, permainan puzzle dan diskusi. Beberapa media yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran diantaranya LKS, lembar latihan, puzzle, dan powerpoint. Terdapat beberapa kendala selama pelaksanaan PPL diantaranya peserta didik yang sulit untuk dikondisikan karena jam pelajaran yang terpotong waktu istirahat. Meski demikian peserta didik sangat aktif bertanya apabila ada materi yang belum dimengerti. Hal tersebut merupakan sikap positif yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Selama PPL mahasiswa memperoleh bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan terutama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu dengan adanya PPL diharapkan terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 05:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48323

Actions (login required)

View Item View Item