LAPORAN INDIVIDU Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Haryo Wisnu Murti, Haryo Wisnu Murti (2016) LAPORAN INDIVIDU Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5). 13401244010_Haryo Wisnu Murti.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melakukan pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai upaya mempersiapkan pengalaman dan bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang sebenarnya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) secara terbimbing. PPL bermisi pembentukan dan peningkatan kemampuan tenaga pendidik yang professional. PPL UNY yang berlokasi di SMA Negeri 3 Bantul ini dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir pada tanggal 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar PKn. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar yang digunakan praktikan menggunakan metode diskusi (Cooperative learning), Rechistation Method, ceramah,Kuis, serta tanya jawab. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi Laptop, PPT dll. Pada praktik mengajar (PPL) di SMA Negeri 3 Bantul ini, praktikan telah menyeselesaikan tugas secara umum mengajar sebanyak 8 kali masuk kelas, yaitu kelas XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Praktik mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain kecenderuang berpikir siswa yang menganggap bahwa PKn merupakan pelajaran yang membosankan. Namun semua ini dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat misalnya dengan metode resistasi sehingga siswa dapat lebih berpikir kritis. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Harapannya, mahasiswa PPL UNY 2016 tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga transfer of value sehingga diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Mar 2017 05:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48321

Actions (login required)

View Item View Item