TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES SE-KECAMATAN PENGASIH TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS TAHUN 2015/2016

Vico Bayu, Aji (2017) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES SE-KECAMATAN PENGASIH TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FIX.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum diketahuinya tingkat pemahaman guru penjasorkes di kecamatan pengasih terhadap pembelajaran renang. Pada siswa SD kelas atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman guru penjasorkes se-kecamatan pngasih terhadap pembelajaran renang siswa sd kelas atas serta untuk menambah khasanah keilmuan tentang renang bag seluruh guru penjasorkes di kecamatan pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu fenomena/peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Subyek penlitian ini adalah seluruh guru SD yang berada di kecamatan pengasih yang berjumlah 32 guru yang terbagi dalam 5 gugus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sedangkan instrumenya menggunakan tes. Hasil penelitian ini terdapat 2 guru atau sebesar 6,25 % dari subyek penelitian memiliki tingkat pemahaman dengan kategori “sangat tinggi”, Terdapat 22 guru aau sebesar 68,75% dari subyek penelitian memiliki tingkat pemahaman dengan kategori “tinggi”, terdapat 3 guru atau sebesar 9,37% dari subyek penelitin memiliki tingkat pemahaman dengan kategori “cukup”, Terdapat guru atau sebesar 6,25% dari subyek penelitian memiliki tingkat pemahaman dengan kategori “sangat rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru olahraga di kecamatan pengasih memiliki pemahaman yang cukup tentang pembelajaran renang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemhaman,Guru,Pembelajaran, Renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48317

Actions (login required)

View Item View Item