PENGARUH PNF (PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION) TERHADAP FLEKSIBILITAS OTOT MEMBER FITNESS CENTRE PESONA MERAPI DI YOGYAKARTA

Robby Sakti, Parevri (2017) PENGARUH PNF (PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION) TERHADAP FLEKSIBILITAS OTOT MEMBER FITNESS CENTRE PESONA MERAPI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Robby Sakti Parevri_13603141023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan mengenai pentingnya peregangan, fleksibilitas dan PNF masih kurang. Padahal banyak sekali yang bisa di dapat dari melakukan aktifitas tersebut dalam berolahraga, misalnya terhindar dari cedera saat berlatih dan mengurangi atau mencegah kelelahan yang berlebih setelah olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PNF (Propioceptive Neuromuscular Facilitation) terhadap fleksibilitas otot members fitness centre Pesona Merapi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan (treatment) pendinginan PNF dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan peneliti sebanyak 16 kali pertemuan dengan frekuensi 4 kali dalam seminggu selama 4 minggu atau 1 bulan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yang masuk kriteria sebanyak 24 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah Sit and Reach. Analisis data menggunakan uji t (paired sample t test) pada taraf signifikasi 0,05. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan (treatment) PNF terhadap fleksibilitas otot member fitness Pesona Merapi, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan (treatment). Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil nilai t hitung pada setiap kelompok yaitu, pada kelompok eksperimen nilai t hitung (7.528) > t tabel (2.200), sedangkan pada kelompok kontrol nilai t hitung (-0.053) > t tabel (2.200).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan PNF, fleksibilitas.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48316

Actions (login required)

View Item View Item