Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Materi Sistem Saraf Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013 di SMA N 2 Pemalang

Astatin, Gista Ratih (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Materi Sistem Saraf Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013 di SMA N 2 Pemalang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gista-ratih-astatin-14725251026.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan produk media pembelajaran materi sistem saraf berbasis Adobe flash (2) untuk mengetahui pengaruh mdia pembelajaran biologi materi sistem saraf berbasis Adobe flash terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA di SMA N 2 Pemalang. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur, yang meliputi: (a) studi pendahuluan (b) pengembangan produk awal (c) evaluasi/ penilaian produk. Subjek uji coba satu-satu adalah 5 peserta didik kelas XI IPA SMA N 2 Pemalang. subjek uji coba terbatas sebanyak 15 peserta didik kelas XI IPA SMA N 2 Pemalang. Subjek uji coba operasional pada kelas eksperimen sebanyak 40 peserta didik kelas XI IPA 1 SMA N 2 Pemalang dan pada kelas kontrol sebanyak 42 peseta didik kelas XI IPA 2 SMA N 2 Pemalang. Pengumpulan data menggunakan test, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ditinjau dari aspek kualitas materi pembelajaran, aspek kualitas desain dan strategi pembelajaran dan kualitas teknis dan tampilan menurut ahli media dan ahli materi berkategori “baik”. Menurut teman sejawat, guru biologi dan peserta didik berkategori “sangat baik”. Penggunaan media flash berpengaruh lebih baik terhadap penguasaan kompetensi (pemahaman konsep) dibandingkan tanpa menggunakan media flash karena rata-rata nilai posttest kelas experimen 64,25 dan kelas kontrol 55,0. Hal ini didukung dengan data minat belajar yang mengalami peningkatan di kelas eksperimen. Indeks peningkatan 0,51 tergolong kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sistem saraf, penguasaan kompetensi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2017 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48311

Actions (login required)

View Item View Item