POLA GERAK DOMINAN DALAM PEMBELAJARAN SENAM DI SD KELAS BAWAH

F. Suharjana, - POLA GERAK DOMINAN DALAM PEMBELAJARAN SENAM DI SD KELAS BAWAH. Olahraga.

[img]
Preview
Text
POLA_GERAK_DOMINAN_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Senam merupakan alat pendidikan yang bertujuan memperkaya pengalaman gerak sebanyak-banyaknya serta meningkatkan kesegaran jasmani para peserta didik. Pembelajaran senam di sekolah dasar melalui pola gerak dominan serta pengembangaImya dengan tug as gerak yang disesuaikan dengan dunia anak-anak, yaitu dunia yang penuh dengan fantasi, imajinasi, keinginan bergerak dan juga bermain yang mereka lakukan sesering mungkin. Anak sekolah dasar kelas bawah (kelas I, II, dan III) pembelajaran senam diarahkan kepada pola gerak dominan dalam senam yang meliputi: statik, mendarat, meloncat/melompat, gerak berpindah, berputar dan mengayun. Melalui pola gerak dominan, guru penjas akan lebih mudah melakukan perbaikan-perbaikan gerak dengan melihat sumber kesalahan gerak dan sekaligus mengadakan perbaikaIl gerak yang salah. Demikian juga secara bertahap keterampilan fisik dan intelektual anak mulai dibentuk. Pembelajaran masing-masing pola gerak dominan tersebut diperlukan petunjuk pengamanaIl, petunjuk pengajaran dan kegiatan pendahuluaIl, agar pembelajaran bisa berjalan lancar sesuai dengan tahapan penguasaan keterarnpilan gerak dominan. Penguasaan pola gerak dominan penting bagi anak seko lah dasar sebagai landasan gerak senam yang sebenarnya dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Journal Perpustakaan UNY
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4831

Actions (login required)

View Item View Item