TINGKAT KESEGARAN JASMANI DAN STATUS GIZI PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 2 PLAYEN

Sinto Rahmad, Munandar (2017) TINGKAT KESEGARAN JASMANI DAN STATUS GIZI PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 2 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
COVER DAN HALAMAN DEPAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV dan V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN TES ANTROPOMETRI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh siswa untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Untuk mencapai kondisi kesegaran jasmani yang prima seseorang perlu melakukan latihan fisik yang melibatkan komponen kesegaran jasmani dengan metode latihan yang benar. Gizi merupakan salah satu faktor penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Gambaran perkembangan derajat kesehatan anak dapat dilihat dari bagaimana status gizinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dan status gizi pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 2 Playen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dengan dua variabel menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran dari analisis data deskriptif dengan persentase. Populasi yang digunakan adalah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 2 Playen yang berjumlah 73 siswa. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian adalah sebanyak 30 siswa. Kesegaran jasmani diukur dengan menggunakan Tes kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak umur 16-19 tahun. Penentuan status gizi dilakukan dengan mengukur berat badan dan tinggi badan kemudian ditentukan nilai Indeks Masa Tubuh (IMT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 2 Playen yang memiliki kesegaran jasmani Baik Sekali 0% (0 siswa), Baik 56,67% (17 siswa), Sedang sebanyak 33,33% (10 siswa), Kurang 10% (3 siswa), Kurang Sekali 0% (0 siswa). Berdasarkan hasil penelitian kondisi status gizi diketahui bahwa status gizi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 2 Playen yang Kurus Sekali 0% (0 siswa), Kurus 0% (0siswa), Normal 96,67% (29 siswa), Gemuk 3,33% (1 siswa) dan Obesitas 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, status gizi, siswa ekstrakurikuler olahraga SMA Negeri 2 Playen.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48303

Actions (login required)

View Item View Item