PENGARUH LATIHAN SIRKUIT TANPA BEBAN TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN GERAKAN SHADOW 6 TITIK ATLET BULUTANGKIS PUTRA USIA 12-15 TAHUN PADA PEMBINAN ATLET BERBAKAT (PAB) DIY

Arif Ardi, Sulaiman (2017) PENGARUH LATIHAN SIRKUIT TANPA BEBAN TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN GERAKAN SHADOW 6 TITIK ATLET BULUTANGKIS PUTRA USIA 12-15 TAHUN PADA PEMBINAN ATLET BERBAKAT (PAB) DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIF ARDI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sirkuit tanpa beban terhadap peningkatan kelincahan gerak shadow 6 titik atlet bulutangkis putra usia 12-15 tahun pada Pembinan Atlet Berbakat (PAB) DIY. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah atlet-atlet Pembinan Atlet Berbakat (PAB) DIY yang berjumlah 38 anak. Sampel penelitian ini adalah atlet yang masuk kriteria sebanyak 17 atlet. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Rangkaian Olah Kaki yang dikemukakan oleh Tohar. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ada pengaruh latihan sirkuit tanpa beban terhadap peningkatan kelincahan gerak shadow 6 titik atlet bulutangkis putra usia 12-15 tahun pada Pembinan Atlet Berbakat (PAB) DIY. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 1,70 dan rerata pretest sebesar 14,88, hal ini menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 11,42% untuk kelincahan gerak shadow 6 titik dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan sirkuit, kelincahan, bulutangkis
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48302

Actions (login required)

View Item View Item