Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta

Sholeha, Siti (2016) Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-sholeha-10706251012.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Produk ini berisi latihan menyimak bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk belajar mandiri maupun berkelompok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D). Model pengembangan yang diterapkan terdiri atas: penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk, validasi/evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dan tes. Kuisioner digunakan untuk mendapatkan data analisis kebutuhan. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa menyimak bahasa Inggris dalam percobaan keefektifan produk pada dua kelompok siswa. Data yang diperoleh dari kuisioner dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dari tes dianalisis menggunakan t-test. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan bahwa kualitas multimedia termasuk dalam kategori “layak” dengan rerata skor 3,87 dan ahli media juga dalam kategori “layak” dengan rerata skor 3,83. Penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil mengenai kualitas multimedia dinilai “layak” dengan rerata skor 3,71, dan untuk hasil uji coba lapangan termasuk dalam kategori “layak” dengan rerata skor 3,64. Kelas yang menggunakan multimedia interaktif mencapai ketuntasan belajar sebesar 72,9%. Sementara itu, kelas yang menggunakan media cetak mencapai ketuntasan belajar sebesar 47,7%. Berdasarkan uji coba produk yang dilakukan menunjukkan bahwa produk tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penghitungan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelompok yang belajar menggunakan media komputer dan kelompok yang menggunakan media cetak. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48298

Actions (login required)

View Item View Item