Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung

Daryono, Daryono (2009) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-daryono-07711251002.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan pada siswa SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII. C SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung berjumlah 32 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Januari sampai Februari 2009 di SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kelas, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII. C SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 67.19 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa 71.25 meningkat dibandingkan dengan setelah siklus pertama, sedangkan pada siklus ketiga nilai rata-rata siswa menjadi 77.03 meningkat dibandingkan pada setelah siklus kedua. Pada siklus ketiga 100 % siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70 untuk nilai Penjasorkes di SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh gaya jongkok, pendekatan permainan
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 24 Mar 2017 08:16
Last Modified: 24 Mar 2017 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48293

Actions (login required)

View Item View Item