Erwin Setyo , Kriswanto and Tri Hadi, Karyono PENINGKATAN KAPASITAS SISTEM ANAEROBIK ANAK USIA 9 SAM PAl 10 TAHUN MELALUI LATIHAN NAIK TURUN BANGKU. Jurnal Olahraga Prestasi, 2 (1).
|
Text
PENINGKATAN_KAPASITAS_SISTEM_ANAEROB.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latihan aerobik naik turun bangku terhadap peningkatan kapasitas anaerobik, dengan menggunakan raneangan penelitian Randomized control group pre-tes pas-test design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa putera Sekolah Dasar Negeri 1 Baureno Bojonegoro berusia 9 sampai dengan 10 tahun, yang dibagi menjadi dua kelompok dengan cara OrdinalPairing,masing-masing kelompok30 siswa yaitu kelompok latihan naik turun bangKu dan Kelompokkontrol. Latihan diberikan 3 kali seminggu selama 6 minggu, yang dilakukan dengan latihan naik turun bangku setinggi 30cm kemudian diukur kapasltas anaerobiknya dengan berlari sejauh 50 yard 45,7 meter. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskripsi, uji, korerasi dengan taraf signifikan5%. Uji"t" sepasang memberikan hasil bahwa kapasitas sistem anaerobik pre-test kelompok latihan naik turun bangku berbeda seeara signifikan dengan kapasitas sistem anaerobik post-test (p= 0.0007). Kapasitas sistem anaerobik pada pre-test kelompok kontrol berbeda secara tidak signifikan dengan kapasitas sistem anaerobik post-test (p= 0.136). Latihan naik turun bangku pada siswa putera usia 9 sampai dengan 10 tahun dapat meningkatkan kemampuan kapasitas sistem anaerobik. Namun peningkatannya tidak signifikan, sehingga pelaksanaan program latihan tetap harus sesuai dengan spesifiKasi cabang olahraganya, sistem energi yang paling aominan, dan memperhatikan penambahan beban seeara teraturfprinsip over load.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Users 93 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 15:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 15:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4829 |
Actions (login required)
View Item |